• Jumat, 12 Agustus 2022

Bonsai Made In Bali, Channel Youtubenya Pecinta Seni Bonsai

- Sabtu, 25 Desember 2021 | 22:57 WIB
Pemilik channel Youtube Bonsai Made In Bali, Kadek Sumayasa
Pemilik channel Youtube Bonsai Made In Bali, Kadek Sumayasa

RAKYAT BALI, Denpasar - Channel Youtube Bonsai Made In Bali merupakan salah satu akun youtube yang secara aktif membuat konten video terkait seni tanaman bonsai mulai cara penanaman, perawatan hingga pembentukan bonsai dan lainnya. Hingga kini, Sabtu (25/12/2021), channel ini telah diikuti oleh 121 Ribu subscribers dan ditonton lebih dari 24 juta kali.

Pemilik channel tersebut, Kadek Sumayasa saat ditemui RAKYAT BALI mengungkapkan, saat ini hobi tanaman bonsai telah menjamur di Indonesia.

"Kalau minat di bali dan umumnya di indonesia saat ini sedang booming, diawali dengan pandemi, banyak orang yang dirumahkan, untuk menghilangkan stres, banyak pindah hobi ke bonsai. Jadi karena banyak waktu, dulu bekerja sekarang nganggur, jadi banyak yang memanfaatkannya dengan menanam tanaman bonsai," ujarnya, Sabtu (25/12/2021).

Baca Juga: Komunitas REIM Singaraja, Wadahi Anak Muda Penggiat Musik Bali Utara

Pria yang berasal dari Singaraja tersebut menuturkan, bonsai selain menjadi hobi juga telah menjadi mata pencaharian bagi beberapa orang. Menurutnya, bonsai merupakan hobi yang berinvestasi, jika dilakukan pemeliharaan yang benar.

"Dulu kan banyak yang kerja di pariwisata, sekarang ada yang sampai memiliki stand bonsai sendiri. Kalau saya sendiri sementara ini untuk hobi dan ngonten, namun ada kemungkinan juga memperjual belikan nantinya," kata Kadek Sumayasa.

Bonsai Made In Bali

Kadek mengaku, sejak kecil ia telah hobi menanam pohon, dan sekitar 4 belakangan mulai menekuni seni bonsai.

"Mulai masuk ke youtube 2 tahun lalu pakai HP, awalnya iseng-iseng untuk dokumentasi bonsai, tidak tau sekarang bisa hingga seperti ini. Berkat banyak penonton juga jadi saya semangat, apalagi ada bonus dari adsense," tutur Kadek Sumayasa yang saat ini menetap di Tabanan, Bali.

Selain bonsai, ia juga merupakan penghobi hal-hal lain terkait kesenian, misalnya musik, melukis dan lainnya.

Halaman:

Editor: Putu Wirawan Mahayana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cegah Wabah PMK, KKN Unud Membuat Cairan Eco Enzyme

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 14:35 WIB
X