• Jumat, 12 Agustus 2022

Desa Adat Jimbaran Bentuk Paiketan Yowana Sekaligus Bahas Persiapan Menyambut Hari Raya Nyepi

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 22:07 WIB
Pembentukan Paiketan Yowana Desa Adat Jimbaran
Pembentukan Paiketan Yowana Desa Adat Jimbaran

Telah diselenggarakan pesangkepan pembentukan paiketan yowana Desa Adat Jimbaran dan pesangkepan persiapan menyambut Hari Raya Nyepi Saka 1944 pada 14 Januari 2022.

Berdasarkan keterangan yang diterima Rakyat Bali, pada rapat yang digelar di Kantor Desa Adat Jimbaran tersebut, terdapat tiga poin yang diputuskan secara musyawarah mufakat dan ditandatangani oleh Kelihan Desa Adat Jimbaran I Gusti Made Rai Dirga Arsana Putra dan Penyarikan I Wayan Muliawan, S.TP, diantaranya :

1. Sepakat membentuk dan memilih formatur pengurus yowana Desa Adat Jimbaran

2. Memilih Ketua Formatur Yowana Desa Adat Jimbaran yaitu Anak Agung Cahya Dwijanata untuk selanjutnya melengkapi struktur Keprajuruan Yowana Desa Adat Jimbaran masa bakti 2022-2027

3. Pawai ogoh-ogoh mengikuti surat edaran Majelis Desa Adat (MDA) Nomor : 009/SE/MDA-Prov. Bali/XII/2021

Ketua Formatur Yowana Desa Adat Jimbaran dalam keterangan terpisah mengungkapkan, terjadi perbedaan pandangan terkait pelaksanaan pawai ogoh-ogoh antara beberapa kelian banjar yang ada di Jimbaran dengan para pemuda Jimbaran.

"Beberapa kelian banjar menyebut saat ini belum tepat untuk melakukan hal tersebut (pembuatan dan pawai ogoh-ogoh) terutama dalam hal pendanaan. Namun pandangan tersebut tidak menyurutkan semangat pemuda se-Desa Adat Jimbaran yang menyampaikan bahwa mereka merindukan euforia dari pengerupukan yang bukan semata berupa pawai mewah dan megah," ujar pria yang akrab disapa Gung Cahya ini.

Editor: Putu Wirawan Mahayana

Tags

Terkini

Cegah Wabah PMK, KKN Unud Membuat Cairan Eco Enzyme

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 14:35 WIB
X