• Kamis, 7 Juli 2022

Udayana Berusaha Capai IKU PTN, Beberapa UKM Terancam Dihapus; Jegeg Bagus Udayana patut diperhitungkan!

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 12:35 WIB
JEGEG BAGUS UDAYANA
JEGEG BAGUS UDAYANA

RAKYAT BALI, DENPASAR - Munculnya Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3/M/2021 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri dan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memunculkan ambisi yang begitu tinggi bagi Perguruan Tinggi Negeri khususnya Universitas Udayana untuk dapat memenuhi seluruh indikator penilaian yang tercantum.

Layaknya kehidupan yang selalu diwarnai dengan dualitas, hal yang sama pula terjadi dengan munculnya IKU PTN ini. Sisi positifnya tentu memberikan acuan yang dapat dijadikan landasan semangat untuk meraih prestasi bagi PTN itu sendiri, namun sisi negatif yang muncul dari adanya IKU PTN adalah terancam dihapusnya  beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di lingkungan Universitas Udayana.

Terancam dihapusnya beberapa UKM di lingkungan Universitas Udayana disebabkan oleh adanya tuntutan dari pihak Universitas yang menyatakan bahwa UKM harus aktif dan meraih prestasi minimal di tingkat Nasional. Tuntutan tersebut mengacu pada indikator kedua yang tercantum pada IKU mengenai: Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus yang menyatakan bahwa mahasiswa harus memiliki prestasi dengan kompetisi minimal tingkat Nasional.

Baca Juga: MADT Buleleng Perjuangkan Hutan Mertajati Menjadi Milik Masyarakat Adat

Salah satu UKM yang terancam dihapus adalah UKM Jegeg Bagus Udayana yang menaungi mahasiswa-mahasiswi di lingkungan Universitas Udayana yang tertarik dengan dunia beauty pageant. UKM Jegeg Bagus Udayana ini hadir melalui pemilihan Jegeg Bagus yang dilaksanakan guna memilih sepasang putra dan putri kampus sebagai representasi Udayana itu sendiri. Pemilihan Jegeg Bagus Udayana berada dibawah naungan Badan Eksekutif Mahasiswa – Pemerintahan Mahasiswa atau dikenal dengan BEM-PM.

Rencana penghapusan UKM Jegeg Bagus Udayana ini harus diperhitungkan Kembali oleh pihak Rektorat karena mahasiswa mahasiswi yang berada dinaungan UKM Jegeg Bagus Udayana memiliki segudang prestasi diberbagai bidang.

Salah satu prestasi yang pernah ditorehkan adalah pada ajang pemilihan Jegeg Bagus Bali yang merupakan ajang beauty pageant di tingkat Provinsi Bali yang juga bertujuan untuk memilih sepasang putra dan putri untuk menjadi representasi dari Bali, pemilihan ini serupa dengan pemilihan Abang None Jakarta, Jaka dan Raka Cirebon, dll.

Baca Juga: Bangun Asa, Rajut Cerita Mimbar Anak Bali, Cerminan Bangkitnya Semangat Anak Bali

Anggota Jegeg Bagus Udayana berhasil mendapatkan gelar sebagai Jegeg Bali 2018, Jegeg Bali 2019 & Bagus Bali 2019 pada pemilihan Jegeg Bagus Bali tersebut. Hal ini membuktikan bahwa SDM yang berada di UKM Jegeg Bagus Udayana memiliki kualitas yang luar biasa.

Halaman:

Editor: Arya nata Wijaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Undiksha Sambut Baik Kehadiran GMNI di Buleleng

Senin, 4 April 2022 | 20:39 WIB

Daftar UMP Terbaru Tahun 2022 Wilayah Jawa dan Bali

Minggu, 13 Maret 2022 | 22:51 WIB

Terpopuler

X