• Senin, 3 Oktober 2022

Cegah Wabah PMK, KKN Unud Membuat Cairan Eco Enzyme

- Sabtu, 6 Agustus 2022 | 14:35 WIB

RAKYAT BALI, TEMBUKU - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Udayana (KKN Unud) Desa Undisan menggelar penyuluhan pembuatan cairan eco enzyme untuk mencegah wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK). Upaya ini dilakukan agar hewan ternak di Desa Undisan, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli tidak terpapar wabah PMK.

Menurut Tim Penyuluh, Wayan Gabler mengatakan, penggunaan cairan eco enzyme dapat membantu dalam penyembuhan hewan ternak yang terpapar wabah PMK. Hal ini diketahui dari beberapa sosialisasi ke sejumlah desa oleh petugas penyuluhan.

“Ketika kami melaksanakan penyuluhan ke beberapa desa, ada testimoni dari peternak maupun penyuluh bahwa tingkat kesembuhan dan pencegahan lebih baik. Dari pengakuan mereka eco enzyme ini sangat bermanfaat” ungkapnya pada Jumat (5/8).

Baca Juga: Hari Anak Nasional ; Mahasiswa KKN Ajak Anak-Anak Desa Undisan Kenali Potensi Desanya

Menurutnya eco enzyme sangat ramah lingkungan karena dibuat menggunakan limbah organik yang di fermentasi. Dari proses fermentasi ini, dihasilkan kandungan desinfektan karena adanya kandungan alkohol atau senyawa kimia asam. Gabler menyebutkan dengan menyemprotkan eco enzyme di kandang ternak dapat mencegah PMK.

“Eco enzyme dibuat dengan limbah organik yang difermentasi sehingga mengandung alkohol dan senyawa kimia. Cara penggunaan untuk pencegahan PMK adalah dengan menyemprotkannya di kandang ternak” ungkap utusan Nyoman Parta itu.

Menurut Wakil Kordinator Desa, Kadek Mahesa Gunadi mengatakan, selain menggelar penyuluhan dan praktek pembuatan eco enzyme pihaknya juga membagikan 40 botol eco enzyme secara gratis kepada masyarakat yang hadir.

Baca Juga: Malam Fashion Show Jegeg Bagus Hukum UNUD Promosikan Kain Tenun Khas Bali

Halaman:

Editor: Arya nata Wijaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cegah Wabah PMK, KKN Unud Membuat Cairan Eco Enzyme

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 14:35 WIB

Terpopuler

X