• Senin, 3 Oktober 2022

Antisipasi Wabah PMK, Mahasiswa KKN Unud dan Pemerintah Desa Singakerta Bagikan Disinfektan ke Peternak

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 14:27 WIB
Mahasiswa KKN Unud melakukan Sosialisasi kepada peternak Singakerta (Istimewa)
Mahasiswa KKN Unud melakukan Sosialisasi kepada peternak Singakerta (Istimewa)

RAKYAT BALI, Gianyar - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Udayana 2022 Desa Singakerta, Ubud bersama Pemerintah Desa setempat menyelenggarakan gerakan Sosialisasi bahaya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan pemberian disinfektan dalam upaya pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Minggu, 07/08/2022 di Desa Singakerta, Ubud, Gianyar.

Koordinator KKN Universitas Udayana Desa Singakerta 2022 Kadek Ari Widhiarsa disela-sela kegiatan mengatakan gerakan ini dilaksanakan guna memberikan edukasi kepada para peternak di Desa Singakerta.

Baca Juga: Cegah Wabah PMK, KKN Unud Membuat Cairan Eco Enzyme

“Masih banyak para peternak yang belum mengetahui tentang bahaya PMK ini, sehingga harapan kita sebagai mahasiswa melalui sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman langsung bagi para peternak tentang bahaya PMK yang sedang mewabah di Indonesia ini, khususnya di Bali”, ucap Ari Widiarsa

Pembagian Disinfektan kepada Peternak Singakerta oleh Mahasiswa KKN Unud (Istimewa)

Dirinya menjelaskan Pelaksanaan sosialisasi dilakukan dengan bertemu secara langsung door to door dengan para peternak, sekaligus memberikan disinfektan yang difasilitasi oleh pemerintah Desa dibawah komando Kepala Desa Singakerta I Ketut Murja, S.E.

Baca Juga: Hari Anak Nasional ; Mahasiswa KKN Ajak Anak-Anak Desa Undisan Kenali Potensi Desanya

"Mengapa mahasiswa tidak langsung menyemprotkan disinfektan ke hewan ternak? Karena resikonya sangat besar, seperti bisa saja mahasiswa membawa virus dan menularkan langsung kepada hewan ternak, di sisi lain juga kita ketahui bahwa yang dekat dengan hewan ternak adalah para peternaknya langsung, makanya akan lebih efektif jika para peternak langsung yang menyemprotkannya", ujarnya menambahkan.

Sejalan dengan itu Kepala Desa Singakerta I Ketut Murja, S.E. mengatakan sejauh ini Penyakit Mulut dan Kuku ini belum mewabah ke Singakerta, akan tetapi giat ini dilaksanakan sebagai langkah antisipatif

Halaman:

Editor: Dendik Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cegah Wabah PMK, KKN Unud Membuat Cairan Eco Enzyme

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 14:35 WIB

Terpopuler

X