• Minggu, 5 Februari 2023

KREATIVITAS TANPA BATAS, FAD BALI BERHASIL MENJUARAI FESTIVAL SAPA 129

- Jumat, 23 Desember 2022 | 19:54 WIB
FAD BALI
FAD BALI

RAKYAT BALI, Denpasar - Pemerintah telah menyediakan layanan pengaduan kekerasan ataupun permasalahan terhadap anak melalui call center SAPA 129. Layanan tersebut sedang dioptimalkan agar pengaduan-pengaduan terkait permasalahan anak dapat diketahui oleh masyarakat luas. Salah satu upaya optimalisasi yang dilakukan oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah dengan menyelenggarakan Festival SAPA 129. Lomba-lomba yang diadakan di antaranya adalah TikTok challenge dan koreografi untuk tiga kategori, yaitu Dinas Sosial Provinsi, Forum Genre Provinsi, dan Forum Anak Provinsi.

Pada kesempatan ini, Forum Anak Daerah Bali (FAD Bali) turut berpartisipasi dalam lomba koreografi kategori forum anak. Persiapan untuk lomba ini terbilang cukup singkat karena kesibukan anggota yang saat itu juga sedang mengikuti Penilaian Akhir Semester. “Jujur, lomba kali ini dipenuhi plot twist, karena semua yang terjadi rasanya ada di luar dugaan. Mulai dari pencarian tim lomba, proses merekam video, hingga penyuntingan video. Memenangkan lomba koreografi ini juga berada di luar ekspektasi kami," ujar Novita selaku koordinator dalam lomba koreografi SAPA 129.

Baca Juga: Alumni SKPP Bawaslu RI Gelar Konsolidasi Nasional Songsong Pemilu 2024 yang Demokratis

Novita juga menambahkan bahwa persiapan lomba yang dibuka sejak 23 November-11 Desember berlangsung cukup singkat karena peserta terbatasi oleh jarak dan waktu, sehingga latihan bersama ditiadakan. Novits pun berinisiatif untuk merekam video koreografi agar teman-temannya dapat berlatih meski dari rumah masing-masing. Banyak kendala yang muncul, dimulai saat proses pengambilan video di tanggal 10 Desember lalu, mereka kekurangan anggota untuk mencapai minimal 9 orang anggota. Selain itu, memori kamera tidak bisa terbaca setelah pengambilan video yang dilaksanakan selama sehari penuh. Novita mengaku di hari itu juga mereka baru menyeragamkan gerakan dan mengatur posisi. Namun, semua masalah tersebut bisa diatasi berkat dari kekompakan teman-teman. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada pengurus dan fasilitator FAD Bali karena selalu mendampinginya. Hingga akhirnya pada saat pengumuman pemenang tanggal 19 Desember 2022, semuanya terkejut dan bersyukur atas dukungan like dan comment dari teman-teman di instagram. Pengambilan hadiah dilaksanakan di Bengkulu pada tanggal 22 Desember yang bertepatan dengan hari Ibu, yang diwakili oleh Gede Janitra (Ketua FAD Bali).

Baca Juga: Penyelewengan BBM di Bali, Negara Rugi Miliaran Rupiah Per Hari

Permasalahan anak selalu menjadi masalah yang ramai dan penting untuk diperbincangkan karena masalah ini memerlukan banyak perhatian. Perhatian tentang masalah anak dapat dilakukan dari hal-hal kecil, salah satunya adalah dengan mengikuti sosialisasi dari pemerintah yang dilaksanakan dalam berbagai cara, salah satunya adalah dengan diadakannya lomba-lomba untuk menambah pengetahuan dan kewaspadaan terhadap masalah-masalah anak. Anak-anak Bali sudah seharusnya dapat menunjukkan kepeduliannya terkait permasalahan-permasalahan yang ada di sekitar dalam upaya pemenuhan hak-hak anak.

Editor: Arya nata Wijaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Resmikan Pasar Seni Sukawati

Kamis, 2 Februari 2023 | 07:44 WIB

5 Manfaat Berinvestasi Sedari Dini

Rabu, 23 November 2022 | 10:44 WIB

Terpopuler

X